Cara Agar Tidak Tertipu Saat Membeli Motor Bekas

Advertisement

Cara Agar Tidak Tertipu Saat Membeli Motor Bekas – Memiliki budget yang minim untuk membeli motor menjadi salah satu alasan mengapa kita membeli motor bekas. Yaps motor bekas adalah salah satu alternatif bagi kita untuk memilikinya, karena dengan budget yang minim kita bisa mengendarai motor bekas tapi berkualitas. Nah di ulasna kali ini kami juga ingin berbagi informasi mengenai cara membeli motor bekas agar tidak tertipu.

Sebanarnya trik ini juga pernah di sampaikan oleh kepolisian republik Indonesia yang menyarankan bagi siapa saja yang mau membeli motor bekas agar berhati-hati dan jangan ceroboh. Bagi anda yang ingin tau tips trik membeli motor bekas, silahkan anda simak informasinya di bawah ini.

Cara Agar Tidak Tertipu Saat Membeli Motor Bekas

Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak tertipu

1. Cek harga pasaran

Langkah awal sebelum mencari motor bekas silahkan anda cek harga pasaran dari merk dan type motor yang akan anda beli. Biasanya di internet juga banyak informasi yang menyediakan harga bekas dari suatu motor.

2. Cek nomor rangka dan mesin motor

Jika sudah mendapatkan informasi tentang harga pasaran, kemudian anda cari motor bekas yang mau di beli. Sudah ketemu? bila sudah ketemu silahkan cek nomor rangka dan mesin motor. Samakan dengan yang ada di BPKB.

3. Cek kondisi fisik

Jika nomor rangkanya tepat, maka langkah selanjutnya ialah mengecek kondisi fisik dari motor bekas tersebut. Cek kelengkapan spion baut dan lain lain, bila ada kekurangan maka anda ingat, karena itu akan di akumulasikan dengan harga nantinya.

4. Cek kondisi oli motor

Cek penggunaan oli dan pastikan tidak kekurangan serta berlebihan karena itu akan mempengaruhi performa dan suara yang muncul saat motor tersebut di kendarai. Jika oli yang berebihan biasanya akan menimbulkan suara yang berisik.

5. Cek speedometer

Berikutnya cek juga bagian speedometernya, sejauh mana motor tersebut terbilang bekas. JIka sudah mencapai 20 ribu km lebih biasanya akan ada komponen-komponen yang di ganti. Tapi jika masih di bawah 20 ribu kemungkinan hanya beberapa saja.

6. Hidupkan mesin motor

Silahkan hidupkan mesin motor tersebut, cek apakah bisa stationer maupun langsam. Karena kondisi di mesin yang tidak bermasalah bisa langsam dalam putaran kurang lebih 1.500 rpm. Cek juga tidak ada bunyi yang mengganggu.

7. Transaksi jual beli

Jika motor bekas tersebut sesuai dengan kriteria anda silahkan anda lakukan transaksi jual beli. Usahakan jika anda melakukan transaksi tersebut di tempat seperti rumah penjual, atau rumah anda sendiri. Dengan begitu anda akan terhindar dari perihal tipu menipu.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kali ini mengenai Cara Agar Tidak Tertipu Saat Membeli Motor Bekas. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat and ayang mau beli motor bekas.

Cara Agar Tidak Tertipu Saat Membeli Motor Bekas | dady | 4.5