Cara Memasang Ring Kompresi Motor Dengan Benar

Advertisement

Cara Memasang Ring Kompresi Motor Dengan Benar – Ring piston atau seher termasuk kedalam salah satu part penting pada sebuah kendaraan motor yang berada pada komponen piston. Komponen tersebut bergesekan ke dinding liner. Ring piston sendiri memiliki fungsi sebagai penahan kompresi dan mengatur tingkat pelumasan pada bagian dinding liner.

Perlu kita ketahui bersama adalah ketika pemasangan ring piston tersebut, karena ketika memasang komponen tersebut tidak boleh asal atau posisi ring terbalik pasalnya akan berdampak pada kinerja mesin dan bisa membahayakan di pengendara itu sendiri. Maka dari itu, disini kami akan mencoba membagikan tips cara memasang ring piston pada motor yang baik dan benar.

memasang-ring-kompresi-motor-dengan-benar

Sebelum akan memasang ring piston, perhatikan dulu bagian pemrukaan, kode, sudut dan warnda dari ring piston motor anda sendiri. Untuk ring oli dan ring kompresi memiliki permukaan yang berbeda, pada ring oli sedikit bergelombang dan ring kompresi memiliki permukaan datar dan nampak mengkilap. Jika pada ring kompresi ada tulisan N/T, ketika dipasang silahkan hadapkan ke bagian atas karena itu adalah ring kompresi 1/atas.

Untuk ring kompresi dengan warna cenderung gelap ataupun kehitaman, tandanya itu ring kompresi 2/bawah. Pada dasarnya, sudut ring piston kompresi memiliki perbedaan satu sama lain. Ring kompresi 1/atas dan ring kompresi 2/bawah, terdapat beberapa perbedaan yang memang tidak terlalu mencolok, kalau salah dalam menentukan saat pemasangan maka ring piston tidak akan berfungsi normal dan membuat asap putih keluar dari knalpot (untuk motor kompresi 4 tak).

Cara memasang ring piston pada motor 4 tak :

  1. Pasangkan ring oli di rumahnya yakni dibagian lubang terbawah, caranya hadapkan tanda N / T / R ke arah atas (Top).
  2. Lalu pasang ring kompresi 2/bawah di lubang tengah dengan menghadap tanda 2N /2R / 2T ke atas atau dengan mengarahkan perit ke arah bawah.
  3. Untuk ring kompresi 1/atas, pasang dibagian lubang teratas dengan tanda 1N / 1T / 1R mengahadap ke atas.

Walau sama-sama memiliki fungsi untuk menempatkan kompresi di ruang pembakaran mesin, namun di tiap ring piston mempunyai peranan berbeda. Pada ring kompresi 1/atas dengan permukaan rata, fungsinya adalah untuk menekan dinding silinder sehingga kompresi tidak mengalami kebocoran.

Nah, untuk ring kompresi 2/bawah yang permukaannya menyudut, selain untuk menjaga kerapatan namun jiga berperan untuk membersihkan sisa oli bekas pelumasan di dinding silinder. Sehingga tidak membuat asap putih keluar karena memang oli telah terbakar sempurna. Perhatikan juga saat memasang ring kompresi, jangan menaruh celah ring disatu titik pasalnya memungkinkan terjadi kebocoran pada ring kompresi. Jangan juga menempatkan ujung dari ring kompresi di celah ujung dari cincin oli.

Pencarian Terpopuler:

  • cara membedakan ring piston 1 dan 2
  • perbedaan ring kompresi 1 dan 2
  • penyebab kompresi terbalik
Cara Memasang Ring Kompresi Motor Dengan Benar | acim sucipto | 4.5