Cara Mengelem Body Motor Yang Retak dan Pecah dengan Mudah

Advertisement

Cara Mengelem Body Motor Yang Retak dan Pecah dengan Mudah – Pada sebagian sepeda motor telah terbuat dari beberapa bodi yang terbuat dari fiber atau juga plastik. Hal tersebut tentunya akan sangat rawan dengan yang namanya pecah ataupun retak, di karenakan sudah sepeda motor tersebut sudah memiliki umur yang panjang ataupun di sebabkan terkenanya benturan. Nah, bila anda mengalami tersebut pada sepeda motor anda, maka pastinya anda akan memperbaikinya. Lantas bagai manaka cara untuk memperbaiki kerusakan tersebut ? Maka dari itu kami spekengine.com akan memberikan tips dan trik untuk memperbaiki bodi motor yang retak maupun pecah.

Sekarang kami akan mengulas mengenai cara memperbaiki bodi motor yang pecah, tutorial ini berlaku untuk bodi sepeda motor yang terbuat dari bahan fiber dan plastik. Namun sebenarnya bisa juga di terapkan pada bodi motor yang berbahan plat dan juga almunium, Akan tetapi alat yang harus di butuhkan dan juga langkah – langkah yang akan di gunakan si sesuaikan dengan karakter yang telah di miliki oleh almunium maupun plat tersebut.

Cara Mengelem Body Motor Yang Retak dan Pecah

Bahan – bahan yang harus anda sediakan untuk memperbaiki bodi pada sepeda motor yang mengalami pecah :

  • Sediakan Pisau atau cutter yang pada ujung matanya masih tajam
  • Lem Dextone Epoxy, Silahkan anda beli lem tersebut yang isinya dua. Dalam kemasan tersebut terdiri dari dua bungkus lem Lem Dextone Epoxy, satu mempunyai tutup warna putih dan yang satunya lagi memiliki tutup warna hitam.
  • Bahan selanjutnya, sediakan ampelas halus satu lembar

Selanjutnya berikut ini adalah langkah – langkah dalam memperbaiki bodi sepeda motor anda yang pecah :

  1. Pada kerat bodi sepeda motor yang mengalami retak ataupun pecah dari bagian kanan dan kiri di bagian seluruh yang retak dan pecah.
  2. Fungsi keratan ini ialah untuk memperlebar pada bagian yang retak dan pecah pada sepeda motor.
  3. Setelah itu bersihkan terlebih dahulu bagian yang akan di kerat tersebut.
  4. Lalu siapkanlah lem yang tadi anda sudah beli yakni lem Dextone Epoxy. Kemudian lakukanlah pencampuran dari kedua lem tersebut dengan perbandingan yakni satu banding satu ( 1:1 ).
  5. Proses pencampuran yang baik akan menghasilkan lem yang menjadi warna abu – abu.
  6. Banyaknya lem yang yarus di campurkan yakni di sesuaikan dengan banyaknya bagian bodi motor yang ingin di perbaiki.
  7. Pada langkah selanjutnya, anda harus mengisi yang dikerat tadi menggunakan lem yang sudah di padukan 1 : 1.
  8. Setelah itu langsung saja ratakan pada bagian keratan tadi yang telah di tutup dengan menggunakan lem.
  9. Langkah selanjutnya silahkan lakukanlah pengisian keratan di kedua sisi pada bodi yang mengalami keretakan pada bodi motor anda.
  10. Jika sudah di pastikan merata anda juga bisa melakukan pengeringan pada lem dengan menggunakan cara di jemur sampai kering, masa penjemuran kurang lebih 15 menit.
  11. Langkah yang terakhir yaitu ialah melakukan penghalusan dengan menggunakan ampelas halus yang tadi sudah anda siapkan.
  12. Untuk melakukan pengembalian warna semula pada bodi motor yang retak tadi anda bisa melakukan pengecatan kembali pada bodi motor anda.

Demikianlah informasi yang kami berikan untuk anda mengenai cara mengelem bodi motor yang retak dan pecah, semoga bermanfaat.

Pencarian Terpopuler:

  • cara menambal body motor yang bolong
  • lem untuk body motor
  • cara memperbaiki body motor yang pecah
Cara Mengelem Body Motor Yang Retak dan Pecah dengan Mudah | wahyudin nawali | 4.5