Cara Merawat Ban Motor Agar Awet

Cara Merawat Ban Motor Agar Awet – Setiap kendaraan darat pasti memiliki roda yang berfungsi sebagai bagian kaki kendaraan tersebut. Mengingat fungsinya yang amat sangat vital dan penting maka kita juga sudah semestinya selalu merawat dan menggunakanya tanpa berlebihan yang bisa saja membuat ban motor cepat tipis dan sering bocor. Nah pada pertemuan kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai cara merawat ban motor dengan mudah supaya lebih awet dan tahan lama.

responsive

Jika melihat angka kecelakaan yang di karenakan ban motor bermasalah memang cukup banyak dan rata rata tingkat kecelakaanya dari yang ringan hingga parah sekalipun. Disini kami akan memberikan tips dan trik bagaimana cara merawat ban motor dengan mudah, baik itu saat motor di pakai maupun saat tidak di gunakan. Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Merawat Ban Motor :

  1. Pertama – tama yang harus anda lakukan supaya ban motor awet adalah membersihkannya setiap semingu sekali. Silahkan anda gunakan sabun khusus untuk membersihkan ban motor serta simnya. Ban yang sering dibersihkan akan lebih awet kualitasnya.
  2. Silahkan anda periksa kebocoran pada ban dengan cara buka tutup pentil lalu masukkan lubang pentil yang telah dibuka tadi kedalam baskom yang berisi air sabun. Nah jika air sabun tersebut telah membentuk gelembung udara maka ini menandakan bahwa pentil bocor serta rusak.
  3. Silahkan anda periksa tekanan bannya, apakah telah terjadi kempis atau tidak. Bila ban kempis maka anda harus segera mengompanya. Dan bila anda yidak memompanya ban akan bocor atau bisa saja jadi aus. Serta pada saat berkendara sebaiknya tidak membawa beban berat yang berlebihan karena hal ini dapat menyebabkan ban akan cepat rusak.
  4. Bila ban motor sudah aus disarankan untuk segera menggantinya hal ini dikarenakan ban yang aus akan mudah membuat sepeda motor terpeleset saat berkendara apalagi pada saat jalanan licin.
  5. Silahkan anda periksa setiap hari tekanan anginnya, hal ini dilakukan karena ban harus memiliki tekanan yang seimbang.
  6. Nah pada saat berkendara akan lebih baik anda harus menghindari jalanan yang berlubang besar, hal ini dilakukan karena ban akan bocor serta cepet rusak jika kita melewati lubang yang besar tersebut.
  7. Tidak boleh mengerem mendadak, hal ini akan menyebabkan ban akan langsung terkunci dan secara otomatis akan terjadi gesekan yang keras dengan aspal. Kejadian semcam ini akan membuat ban cepat mengalami kerusakan.

Hanya itulah informasi singkat yang bisa kami bagikan kali ini mengenai Cara merawat ban motor agar awet. Semoga informasi yang kami share diatas bisa jadi inspirasi dan gambaran tentang cara merawat ban motor supaya lebih awet dan tahan lama.

Pencarian Terpopuler:

  • cara menambah tenaga mobil l300 solar
  • diy bersihkan injector mobil
  • cara memasang spakbor yang patah

responsive