Cara Mudah Memperbaiki Karburator Banjir

Cara Mudah Memperbaiki Karburator Banjir – Walaupun saat ini hampir semua sepeda motor keluaran baru sudah menggunakan mesin dengan sistem injeksi, akan tetapi para pengguna sepeda motor yang masih menggunakan mesin dengan sistem karburator masih lebih banyak. Karburator yang pada pada sepeda motor ialah sejatinya untuk mencampurkan bahan bakar dengan udara sehingga menjadi kabut dan di bakar di ruang silinder.

Advertisement

Nah, jika usia karburator sudah lama, sering muncul beberapa masalah yang kerap terjadi, salah satunya yaitu karburator mengalami banjir atau bensin yang ada di dalamnya meluap. Lantas apa penyebab terjadinya karburator banjir dan bagaimana untuk mengatasi dan memperbaikinya ? pasti anda penasaran bukan ? simak informasinya di bawah ini.

Cara Memperbaiki Karburator Banjir

Penyebab Karburator Banjir :

Untuk penyebab karburator mengalami banjir ialah pada needle valve mengalami kendala yakni tidak bisa menutup secara sempurna. Pada bagian bawah karburator ada sebuah ruang yang di sebut dengan ruang pelampung yang di gunakan untuk menampung bahan bakar sementara. Nah, di dalam ruang pelampung ini terdapat sebuah pelampung yang terhubung dengan Needle Valve. Fungsi dari Needle valve sendiri yaitu sebagai katup untuk menutup dan membuka aliran bensin dari tengki ke karburator.

Pada saat bensin di ruang pelampung berkurang maka Needle valve akan membuka sehingga pada ruang pelampung tersebut terisi bensin lagi. Sedangkan ketika ruang pelampung sudah terisi penuh dengan bensin maka Needle valve akan menutup saluran tersebut. Jadi ketika ruang pelampung sudah penuh dengan bahan bakar bensin akan teteapi Needle valve tidak menutup secara sempurna maka dari itu bahan bakar bensin akan meluap atau bisa juga kita sebut dengan karburator banjir.

Needle valve

Cara Mengatasi Karburator Banjir :

Nah, anda tidak usah khawatir jika motor anda mengalami hal tersebut, cara untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya cukup mudah.

  1. Hal pertama yang anda harus lakukan yaitu lepas karburator terlebih dahulu dari kepala silinder, dengan melepas kedua baut yang di ikuti juga dengan melepas kabel gas dan cuk.
  2. Akan tetapi jika anda masih menggunakan filter udara standar maka lepas terlebih dahulu filternya agar lebih mudah melepas karburator.
  3. Nah, jika karburator sudah terlepas, selanjutnya anda membongkar dengan cara melepas ke empat baut yang ada di bagian bawah.
  4. Jika sudah membukanya, buka ruang pelampung maka anda akan melihat sebuah pelampung yang terbuat dari bahan plastik.
  5. Langkah selanjutnya anda lepas pelampung tersebut dengan menarik keluar sindiknya, maka pelampung akan terlepas bersama dengan Needle valve.
  6. Selanjutnya anda lakukan penyetelan dengan cara membengkokan ke atas sedikit saja, logam yang di gunakan untuk dudukan needle vaive.
  7. Nah jika anda sudah membengkokan logam yang di gunakan untuk dudukan needle valve, pasang kembali pelampung dan juga needle valve. Setelah itu lakukan pengecekan dengan cara meniup lubang masuk yang berhubungan dengan selang bensin, dan gerakan pada pelampung ke atas dan ke bawah.
  8. Pastikan bahwa pelampung berada di bawah, needle valve terbuka penuh, dan ketika posisi pelampung sejajar needle valve bisa menutup secara sempurna. Jika belum pas lakukanlah penyetelan ulang.

Sebelum di pasang kembali karburator ke silinder head/kepala silinder alangkah baiknya anda lakukan pembersihan terutama pada bagian spuyernya. Cara di atas cukup mudah bukan ? untuk mengatasi karburator yang mengalami kebanjiran ? Demikianlah tips memperbaiki karburator yang banjir. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda.

Tagged As:

    cara memperbaiki karburator honda win,cara mengatasi karburator banjir,needle valve karburator,cara mengatasi karburator banjir pada sepeda motor,cara memperbaiki karburator banjir,cara mengatasi karbu banjir,Karburator banjir,penyebab karburator banjir,motor banjir,mengatasi karbu banjir
Cara Mudah Memperbaiki Karburator Banjir | wahyudin nawali | 4.5