Cara Mudah Mengatasi Rantai Keteng Berisik Pada Satria FU

Advertisement

Cara Mudah Mengatasi Rantai Keteng Berisik Pada Satria FU –  Sebagai komponen utama dari crankshaff dan di teruskan ke chamsahft yang berada dp kepala silinder yakni timing chain terkadang mengalami masalah, salah satu masalh yang di timbulkan yaitu mengeluarkan bunyi suara yang berisik. Salah satu sepeda motor yang sering mengalami masalah tersebut yakni pada motor satria fu. Nah, kali ini spekengine.com akan mengulas informasi tentang memperbaiki, mencegah dan mengatasi rantai keteng berisik pada motor satria fu.

Pada hal ini chamshaft merupakan alat yag berfungsi untuk mengatur beberapa klep yang berada di mesin. Klep tersebut bterdiri dari klep In dan ex pada ruang bakar/kepalasilinder. Apabila tantai keteng rusak atau sudah tidak normal maka proses membuka dan menutup pada klep akan mengakinbatkan tidak sempurna dan pada pembakaran juga akan tidak normal bahkan dalam kasus yang sangat parah yakni rantai keteng terputus. Akibatnya jika motor berjalan dalam kecepatan tinggi secara otomatis akan berhenti tiba – tiba, Hal tersebut sangat bahaya untuk si pengendaranya. Dikarenakan yang akan rusak yaitu gear box dan kepala silinder mesin.

Cara Mudah Mengatasi Rantai Keteng Berisik Pada Satria FU

Seirinya pemakain terus berjalan hingga 3 thun sampai 5 tahun, alat tersebut akan mengalami aus, akan tetapi beberapa perilaku yang salah akan mengakibatkan motor juga turt memicu terjadinya kerusakan. Perlakuan salah yang telah di bahas di asas yakni suhu mesin yang kerap cepat panas melebihi standar pabrikan, putaran mesing yang terlalu tinggi karena di pacu untuk balapan, dan juga penggantian oli yang sering terlambat. Nah bila hal tersebut terjadi maka tantai akan kedor dan akan mengakibatkan suara berisik dan malah mengakibatkan putus.

Bahi anda yang ingin mengetahui bahwa masalah suara berisik dari motor satria FU tersebut yaitu dari rantai keteng yang sudah kendor. Untuk memastikannya yaitu panasi motor yang anda miliki pada pagi hari dan dengarkan apakah ada suara berisik seperti tek.. tek.. tek.. kalau suara tersebut dalam waktu 10 sampai 10 menit telah hilang berarti proses pelumasan yang bermasalah. Artinya kualitas oli yang anda gunakan pada motor satria fu kurang bagus, sehingga harus anda ganti secepatnya.

Namun jika lebih dari 15 menit suara belum hilang berarti permasalahannya ada pada rantai keteng atau pada tensionernyayang bermasalah. Untuk mencegah permasalahan tersebut selain rutin mengganti oli secara berkala di harapkan motor anda jangan mengangkut beban melebihi kapasitas yang sudah di tentukan pabrikan. Selain itu juga gunakan lah teknik mengendara dengan baik dan juga benar, terutama ketika anda melibas jalan yang menanjak dengan tingkat sudut kemiringan yang besar.

Selain anda rutin melakukan pemeriksaan, yaitu minimal setahun sekali, juga di sarankan untuk mengganti oli secara rutin dan juga tepat bwaktu, jika anda ragu bawalah motor satria fu anda ke bengkel tesmi. Dan jika motor anda merupakan motor yang menggunakan tensioner, maka pahami juga pada bagian tensionernya. Pengertian untuk tensioner sendiri yaitu alat untuk mengatur tingkat kekencangan rantai tersebut.

Hal yang hasus di perhatikan juga yaitu beberapa kasus ternyata rantai keteng tersebut mengalami masalah, dan yang sering kali bermasalah yakni pada tensionernya. Maka jika itu terjadi anda cukup menyetel ulang tensioner. Akan tetapi jika keduanya baik rantai maupun tensioner telah aus, sebaiknya gantilah semuanya baik rantai keten maupun tensiuner.

 

Pencarian Terpopuler:

  • cara menyetel tensioner satria fu
  • rantai keteng satria fu bunyi
  • rantai keteng satria fu
Cara Mudah Mengatasi Rantai Keteng Berisik Pada Satria FU | wahyudin nawali | 4.5