Cara Setting CVT Pada Sepeda Motor Matic, Supaya Lebih Bertenaga

Advertisement

Cara Setting CVT Pada Sepeda Motor Matic, Supaya Lebih Bertenaga – Bagi anda yang memiliki motor metic pernah kah anda merasakan saat naik pada jalan tanjakan terasa tidak ada tenaganya ? dari beberapa type motor metic yang ada di tanah air, ada yang mempunyai karkteristik demikian. Yakni perlu tarikan penuh supaya sepeda motor matic anda bisa lebih bertenaga agar bisa menaiki jalan tanjakan seperti di dataran tinggi. Karakter seperti motor tersebut memang sedikit merepotkan anda dalam mengendarai dijalan tanjakan dan di jalan perkotaan yang sering kali mengalami kemacetan yang mengharuskan stop and go karena padatnya lalu lintas.

Pada karakter motor yang di bahas tidak hanya membuat jengkel pengendaranya, akan tetapi bisa mengakibatkan bahan bakar boros ketika melakukan bukaan gas penuh supaya tenaga motor keluar. Sepeda motor matic seperti itu butuh grip gas di plintir lebih dalam pada saat motor berhenti dan ketika mau berjalan lagi. Kisarannya berada di akngka 1500 RPM ke atas supaya sepeda motor matic bisa berjalan. Hal ini juga yang membuat karakter motor seperti ini lebih boros bahan bakar. Lantas adakah cara untuk mengatasi hal tersebut ? agar motor matic lebih bertenaga dan responsif.

Cara Setting CVT Pada Sepeda Motor Matic

Spekengine.com. Bagi anda yang yang mempunyai sepeda motor jenis metic yang mempunyai kendala seperti di atas yakni kurangnya tenaga dan tidak responsif, ada beberapa cara untuk mengatasinya agar mendapatkan tenaga yang optimal pada motor metic anda. Anda cukup menyetting komponen CVT pada motor matic anda. Nah, kali ini kami akan menjelaskan tips dan trknya agar motor matic anda mempunyai tenaga yang maksimal, responsip dan irit.

Cara Settings CVT Pada Sepeda Motor Matic :

1. Cara pertama yaitu dengan mengurangi bobot Roller CVT.

Pada pengertian di atas yaitu pada bobot atau berat roller harus anda buat seringan mungkin dari standarnya. Agar tarikan pertama pada motor matic yang anda miliki menjadi responsif di putaran bawah. Akan tetapi jika anda menurangi bobot roller dari standarnya, jangan terlalu banyak. Karena jika anda mengurangi terlalu banyak maka akan mempengaruhi performa sepeda motor matic anda pada putaran atas. Anda cukup turunkan saja 1 mata, misalkan dari 10 gram menjadi 9 gram saja.

2. Gunakan Per kampas kopling yang lebih keras

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa mengurangi berat roller, maka semakin cepat bukaan Pully. Efeknya akan terjadi pada kampas sentrifugal jadi ikut cepat terangkat. Per kampas yang ada 3 buah, mempunyai fungsi yang penting di bagian ini. Jika pada ketiga per tersebut sudah lemah, maka bisa di pastikan komponen kampas gampang slip dan juga tenaga baru terasa di rasakan ketika putaran engine tengah ke atas. Solusi biasanya yang di gunakan agar kampas kopling sentrifugal tidak mudah slip ialah mengganti dengan ketiga per standar tersebut menjadi per yang lebih keras. Biasanya tersedia pada produk aftermarket yang berada di pasaran ataupun bengkel – bengkel.

3. Gunakan Per CVT Racing

Dengan tanpa mengganti roller standar, ada solusi lain agar mesin motor matic anda mempunyai tarikan yang lumayan bertenaga dan responsif, yakni dengan menggunakan per CVT Racing. Per CVT Racing ini mampu membantu performa mesin di RPM bawah. Berapa ukuran per CVT yang berada di pasaran bisa menjadi pilihan anda. Akan tetapi yang perlu di perhatikan untuk sepeda motor matic yang mesinnya masih standar, cukup menggunakan per CVT yang berukuran 1000 atau bisa juga menggunakan 1500 RPM. Jika anda menggunakan lebih dari itu, maka akan menjadi tarikan motor matic anda menjadi kurang baik.

Demikianlan informasi yang bisa kami berikan untuk anda cara untuk menyetting CVT pada sepeda motor matic. Semoga artikel di atas bisa menjadi bagan referensi anda. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penjelasan. Trimakasih.

Pencarian Terpopuler:

  • ukuran roller mio untuk tanjakan
  • ukuran roller buat tanjakan
  • efek ganti per kampas ganda mio
Cara Setting CVT Pada Sepeda Motor Matic, Supaya Lebih Bertenaga | wahyudin nawali | 4.5