Inilah Beberapa Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

Advertisement

Inilah Beberapa Penyebab Busi Mobil Cepat Mati – Pada semua kendaraan bermoto baik mobil atau motor, busi merupakan bagian terpenting. Bentuk busi memang terbilang kecil namun jika komponen ini mengalami masalah atau kerusakan akibat yang ditimbulkan cukup besar. Dengan adanya komponen berbentuk kecil ini kita bisa menghidupkan mesin kendaraan, karena busi sendiri terdapat pada sistem pengapian dari kendaraan bermotor.

Mungkin anda seringkali mengalami masalah seperti busi yang mati padahal baru saja diganti dengan yang baru. Hal ini tentu saja sangat menjengkelkan, apalagi jika busi tiba-tiba mati ketika kita sedang berkendara ditempat yang sepi dan jauh dari bengkel, karena busi hanya bisa kita beli atau jumpai dibengkel sedangkan bengkel sendiri belum banyak seperti warung makan. Ditambah lagi ada kendaraan yang memiliki tipe busi yang susah untuk dicari.

Beberapa Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

Sebenarnya busi cepat mati walaupun baru diganti ada beberapa penyebabnya, untuk itu kita perlu mengetahui beberepa penyebabnya secara detail. Maka dari itu silahkan anda ikuti ulasan kami mengenai penyebab busi mobil cepat mati berikut ini.

  • Ruang Mesin Basah Karena Oli

Busi yang cepat mati bisa karena ruang mesin basah oleh oli. Masalah seperti ini biasanya karena stang seher atau sering disebut ring seher sudah terlalu lama dan aus. Selain itu, silinder yang mengalami keausan bisa mengakibatkan oli masuk dan membahasi mesin sehingga menyebabkan busi mobil cepat mati.

Masalah seperti ini juga dapat menyebabkan asap yang keluar secara berlebihan melalui knalpot. Ruang mesin yang lembab tentu akan menimbulkan munculnya partikel kotoran, sehingga asap keluar secara berlebihan pada knalpot, untuk itu perlu kiranya memberishkan secara berkala bagian mesin mobil kesayangan.

  • Konsleting di Jalur Pengapian

Bila jalur pengapian mengalami konsleting maka busi bisa cepat mati. Hal ini juga biasa mengakibatkan mesin mudah ngadat dan menjalar ke bagian koil dibagian pengapian, selain itu CDI dan spul juga akan mudah atau cepat mati. Maka dari itu kita harus rutin mengecek sektor pengapian, jika terdapat kabel yang bermasalah dan dapat menyebabkan konslet, kita harus langsung memperbaikinya.

  • Hisapan Bensi Berlebih

Hisapan bensin secara berlebihan mampu membuat banjir dibagian karburator, sehingga mesin lembab dan cepat muncul partikel kotoran. Kotoran ini yang akan membuat konslet dan busi menjadi lebih cepat mati walaupun baru saja diganti. Langkah terbaik untuk mengtasi permasalahan ini adalah dengan menservise karburator secara rutin.

Demikian pembahasan kali ini mengenai penyebab busi mobil cepat mati. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa lagi dilain kesempatan.

Pencarian Terpopuler:

  • penyebab busi mobil cepat mati
  • penyebab busi mobil sering mati
  • busi mobil sering mati
Inilah Beberapa Penyebab Busi Mobil Cepat Mati | acim sucipto | 4.5