Inilah Cara Memperbaiki Gardan Mobil Berdengung Atau Kocak

Inilah Cara Memperbaiki Gardan Mobil Yang Berdengung Atau Kocak – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara menghilangkan suara dengung garden pada kendaraan mobil. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Differential atau yang di sebut juga dengan Gardan yakni untuk meneruskan tenaga mesin yang di salurkan ke poros roda. Permasalahan pada gardan biasanya terdengar suara dengung ketika saat anda membawa mobil dengan kecepatan tinggi. Penyebabnya yaitu karena pada jarak bebas antara gigi Crown Whel dan juga Gigi pinion jaraknya terlalu renggang akibat terjadinya keausan. Nah, untuk mengetahui apakah terdapat setelan jarak bebas antara Gigi pinion dan gigi Crown Whel. Pada bunyi tersebut juga bisa di akibatkan oleh kedua gigi tersebut sudah rusak ataupun sudah mengalami keausan yang terjadi pada gigi dan juga ring gigi bolu – bolu Gear differential. Atau bisa juga malah karena kualitas oli yang sudah tidak berkualitas atau sudah jelek.

Advertisement

Terkadang kebanyakan orang jarang melakukan perawatan dan juga pengecekan pada bagian gardan pada saat keadaan normal. Padahal tidak sulit untuk merawat gardan. Untuk mencakup dalam hal perawatan gardan pada dasarnya Cuma memastikan apakah oli yang berada dalam gardan masih dalam keadaan baik atau sudah tidak baik. Solusinya yaitu cukup mengganti oli secara rutin saja untuk setiap 10000 km. dan biasanya pada saat pengantian oli gardan ini bersamaan dengan menggantinya oli transmisi.

Bagi anda yang bingung untuk memilih oli gardan yang baik, kami akan memberikan solusi yang tepat untuk memilih oli gardan yang baik. Umumnya pada kendaraan atau mobil lawas spesifikasi untuk oli gardannya yaitu SAE 140. Akan tetapi bukan hanya oli dengan SAE 140 saja. Untuk mobil yang sering di gunakan di dalam perkotaan maka di sarankan untuk menggunakan oli gardan dengan SAE 75-90 atau bisa juga dengan 80W90. Jika anda pernah melihat di jenis mobil pribadi atau sejenisnya, pada gardan beberapa jenis mobil agar merekomendasikan untuk menggunakan oli gardan dengan SAE 90.

Hal tersebut biasanya tertulis pada rumah gardan. Adapun kendaraan mobil yang sudah menggunakan gardan yang sudah di lengkapi dengan fitur Limited Slip Differential (LSD) untuk jenis yang satu ini agar di sarankan untuk memakai oli gardan dengan spesifikasi khusus untuk model gardan LS. Akan tetapi jika anda merasa bingung, cobalah anda buka buku user manual atau coba lihat di kolong mibil yang anda miliki. Biasanya pada bagian belakang gardan telah tertulis spesifikasi oli yang harus anda gunakan untuk gardan mobil tersebut.

gardan berdengung

Nah bagaimanakah jika gardan mobil anda mengeluarkan bunyi dengung dan anda merasa tidak nyaman mendengar suara tersebut.

Berikut ini kami berikan solusi untuk memperbaiki gardan yang berdengung :

Untuk memperbaiki gardan yang berdengung maka anda harus menyetel ulang jarak bebas antara gigi Crown Whel dan juga gigi pinion nya, dan juga mengganti komponen – komponen yang sudah rusak. Komponen yang biasanya sering mengalami keausan yaitu ring gigi bolu – bolu yang biasa sering di sebut di daerah kami. Nah, untuk melakukan penyetelan gardan, maka anda harus membongkar gardan tersebut, akan tetapi sebelum memutuskan untuk membongkar gardan, alangkah baiknya anda terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap oli gardannya. Apakah oli berkurang atau tidak dan dalam kondisi baik atau tidak. Nah, jika sudah melakukan penggantian oli gardan dengan SAE 140 namun masih tetap saja mengeluarkan bunyi dengung maka anda harus menyetel ulang gardan mobil anda. Akan tetapi masih ada alternatif lain untuk menghilangkan suara dengungnya saja.

Jika anda ingin menghilangkan dengungnya saja tanpa harus membongkar gardan yakni dengan cara, ganti dengan oli gardan dengan oli yang kental (oli kobok atau oli curah) oli tersebut sangat kental seperti stemplet yang meleleh. Dan anda juga bisa memasukan stemplet pada oli gardan tersebut. Cara ini sering kali di pakai pada gardan yang gigi Crown Whel dan gigi pinion cacat yang harus di lakukan penggantian, akan tetapi masih di pakai.

Cara untuk mengganti oli gardan dengan oli yang sangat kental memang bisa mengatasi masalah bunyi dengung pada gardan, namun ingat hal tersebut tidak memperbaiki gardan dalam artian sebenarnya. Kenapa bisa dikatakan tersebut ? karena gardan yang mengeluarkan bunyi mendengung tersebut tandanya ada komponen yang sudah mengalami kerusakan yang perlu anda baiki dan perlu anda setel ulang. dikutip dari www.mechaniconlines.com

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.

Tagged As:

    gardan mobil,cara menyetel gardan truk,cara setel gardan mobil,cara menyetel gardan,gardan mobil bunyi,gardan truk,cara memperbaiki gardan mobil yang bunyi,cara menyetel gardan mobil kijang,cara menyetel gardan mobil,gardan
Inilah Cara Memperbaiki Gardan Mobil Berdengung Atau Kocak | wahyudin nawali | 4.5