Inilah Cara Setel Ulang Oli Samping Ninja 150 Series

Inilah Cara Setel Ulang Oli Samping Ninja 150 Series – Tentu kita sudah mengetahui jika pada motor berkompresi 2 tak selalu dibekali dengan oli samping. Berbicara oli samping, disetiap motor 2 tak memiliki settingan oli samping nya masing-masing, hal ini bertujuan agar konsumsi oli samping tidak boros dan membuat bahan bakar tetap irit. Sama halnya pada salah satu motor 2 tak besutan Kawasaki yakni Kawasaki Ninja RR, dimana sang pabrikan telah menyetel oli samping agar tetap di level aman. Tapi memang, tidak jarang bagi merela yang hobi oprek atau modifikasi misalnya mengganti suku cadang ori dengan suku cadang racing, hal ini untuk menaikan power dari motor itu sendiri.

Ada salah satu komponen atau part motor yang sering diganti adalah knalpot, dimana penggunaan knalpot racing sendiri secara tidak langsung perlu di ikuti dengan langkah penyettingan pada bagian komponen lain, misalnya settingan oli samping serta suplayer yang diganti dengan produk racing agar sesuai dan tidak membuat kinerja mesin terasa aneh.

cara-setel-ulang-oli-samping-ninja-150-series

Langkah menyetel oli samping pada Kawasaki Ninja ini perlu anda lakukan, terutama jika ada salah satu part yang anda ganti seperti misalnya pada bagian knalpot tadi. Hal berikut memang mutlak dilakukan supaya kinerja mesin mampu menyesuaikan dengan komponen yang diganti, artinya agar mesin tidak aneh saat digeber.

Advertisement

Untuk anda yang memang ingin melakukan modifikasi pada kawasaki ninja namun masih belum faham betul bagaimana cara menyetel ulang oli samping nya. Tidak perlu khawatir karena dipekan kali ini kami akan mencoba membagikan tips dan triknya untuk anda semua. Mari langsung saja kita intip bersama cara menyetel oli samping ninja berikut ini.

Cara menyetel ulang oli samping ninja :

  1. Pada gigi tarik dapan terdapat 3 buah baut pengikat berukuran 8mm, lepaskan baut-baut tersebut dengan kunci pas.
  2. Setelah itu, akan nampak cover dust di bagian pompa oli samping motor nya.
  3. Pada cover pompa oli tersebut, ada 2 buah baut lepaskan dengan memakai obeng kembang atau plus (+).
  4. Tarik covernya kebawah secara perlahan dan hati-hati, lalu akan nampak tanda negatif atau minus (-) disisi samping body pompa oli dan tanda yang sama di bagian tuas penggerak pompa oli nya.
  5. Nyalakan mesin kurang lebih 3 menit dan jangan sampai lebih, matikan mesin.
  6. Tarik tuas gas secara penuh dan silahkan lihat pda kedua tanda (-) tersebut pada bagian yang sudah disebutkan.
  7. Jika tanda minus tersebut sejajar, maka setelan oli samping masih standar dari pabrikan, dan konsumsi bahan bakar masih ditahap aman serta sesuai pabrikan.

Jika ingin memodifikasi kawasaki ninja kesayangan anda, misalnya pada komponen mesin, knalpot, karburator hingga dengan komponen main dan pilot jet. Maka secara tidak langsung anda harus juga melakukan seting ulang pada oli samping, hal ini agar kinerja yang dihasilkan mesin sesuai dan mampu berakselerasi mantap dijalanan. Selesai sudah pembahasan kali ini mengenai cara menyetel ulang oli samping ninja. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara setel oli samping ninja r
  • cara menyetel oli samping ninja
  • cara menyetel oli samping ninja r
  • cara memboroskan oli samping ninja
  • cara memboroskan oli samping
  • cara memborosk
  • cara membuang oli samping ninja r
  • tanda tanda oli samping ninja tak ter pompa
  • cara menyetel oli samping ninja 150
  • cara menyetel oli samping ninja 150 r
Inilah Cara Setel Ulang Oli Samping Ninja 150 Series | acim sucipto | 4.5