Inilah Ciri – Ciri Busi Mengalami Kerusakan

Inilah Ciri – Ciri Busi Mengalami Kerusakan – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ciri – ciri busi yang sudah mengalami kerusakan. Seperti yang telah kita kutahui bersama bahwa busi ialah komponen yang sangat peting bagi kendaraan untuk langkah awal menghidupkan motor. Komponen tersebut bertugas untuk menghasilkanpercikan bunga api listrik untuk membakar campuran bahan bakar yang sudah tercampur dengan udara di ruang silinder kendaraan. Busi mampu bekerja dalam suhu dan tekanan yang tinggi.

Advertisement

Karena busi ini berkaitan langsung dengan mesin, busi bisa di pakai untuk mengetahui dan mencari penyebab kendala pada mesin kendaraan. Maka, ketika pada saat anda membersihkan busi, anda bisa sekaligus memeriksa atau mengecek, apakah kondisi mesin masih dalam keadaan baik atau tidak, cukup dengan mengamati bagian dari kepala busi.

Ciri Busi Mengalami Kerusakan

Ciri – Ciri Busi Rusak :

Advertisement

Jika kendaraan masih di katakan normal yakni pada ujung insulator dan elektroda busi yakni berwarna abu – abu terang atau bisa juga berwarna coklat kemerah merahan. Hal tersebut menunjukan kondisi dan penyetelan mesin serta waktu terjadinya pengapian dalam keadaan baik, dan masih sesuai dengan keadaan setelan pabrikan.

Jika anda melihat pada ujung insulator, elektrodda dan juga busi tertutup dengan jelaga hitam, maka sisa pembakaran yang kering akan tetapi lembut, solusi yang bisa anda lakukan yaitu sebaiknya anda cek atau lakukan pemeriksaan setelan atau injeksi, mekanisme cook, filter udara dan kalau bisa anda ganti dengan busi yang sesuai, karena kemungkinan besar ada yang kurang pas pada bagian – bagian tersebut. Pasalnya jika komponen tadi mengalami masalah tersebut maka akan menyebabkan asap kendaraan mobil atau motor anda akan berwarna hitam, bensin menjadi boros dan terkadang susah ketika di starter saat mesin dalam keadaan dingin.

Selain itu pernahkah anda mengalami mesin mobil anda tersendat atau lambat dalam berakselerasi ketika kendaraan sedang membawa muatan penuh, atau pada knalpot mengeluarkan bunyi yang menembak karena bahan bakar tidak terbakar secara sempurna jika iya, maka anda harus mengecek busi pada kendaraan anda, pasti ujung insulatornya terlihat warna kuning sedikit coklat muda dan terkadang juga akan terlihat warna hijau sedikit basah. hal tersebut telah menunjukan bahwa bensin dan oli telah tercampur bahan lain seperti air atau juga penggunaan bahan adiktif yang kurang pas.

Maih banyak contoh – contoh tampilan busi yang telah menunjukan apakah masih bagus dan atau sudah tidak bagus pada kondisi kendaraan. Akan tetapi anda jangan lupa untuk merawat busi yang berada di kendaraan anda, agar tetap awet. Beberapa ahli mekanik telah menganjurkan supaya busi selalu di bersihkan setelah mobil berjalan jika sudah 2.500km dan di ganti setelah 10000km sampai 15000km.

Advertisement

Incoming search terms:

  • ciri ciri busi mati
  • ciri busi motor lemah
  • ciri busi mati
  • ciri busi rusak
  • ciri ciri busi rusak
  • ciri ciri busi setengah mati
  • ciri ciri busi akan mati
  • ciri ciri busi minta ganti
  • ciri ciri busi motor rusak
  • ciri ciri busi motor mati
Inilah Ciri – Ciri Busi Mengalami Kerusakan | wahyudin nawali | 4.5