Inilah Fungsi Ablas Atau Lubang Pernafasan Mesin

Advertisement

Inilah Fungsi Ablas Atau Lubang Pernafasan Mesin  – Taukah anda dengan selang pernapasan mesin atau yang biasanya di sebut dengan ablas mesin, tentu saja pasti anda mengetahuinya. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui apa fungsi dari selang pernapasan mesin tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini, kami spekengine akan menjelaskan apa sih fungsi dari selang pernafasan mesin? Dan apa yang terjadi jika selang pernafasan mesin atau yang di sebut dengan ablas tersumbat ? Simak terus ulasannya di bawah ini.

Untuk selang pernafasan di sepeda motor jaman dulu di biarkan saja keluar ke bawah, akan tetapi jika kita melihat pada mesin jaman sekarang kebanyakan selang teersebut masuk ke kotak atau box filter udara. Maka dari itu kami akan membahas fungsinya.

Lubang Pernafasan Mesin

Inilah Fungsi Lubang Pernafasan Mesin atau Ablas :

Ada tiga fungsi yang terdapat pada selang pernafasan mesin yakni diantaranya sebeagai berikut.

  1. Pertama berfungsi untuk pernafasan atau tempat bersirkulasinya udara didalam filter mesin. Seperti yang telah kita ketahui sendiri bahwa pada saat mesin hidup, piston yang berada di dalam mesin bergerak naik turun yakni pada gerakan naik di sebut TMA (titik masti atas) dan TMB (titik mati bawah). Nah, pada saat terjadi gerakan tersebut akan terjadi kevakuman udara yang berada dalam kalter. Pada saat piston bergerak naik udara akan tersedot dan pada saat piston bergerak turun udara akan tertiup dan tertekan keluar. Tentu saja dengan adanya lubang pernafasan mesin, gerak piston ini akan lancar.
  2. Fungsi yang ke dua ialah sebagai penyalur kompresi yang mengalami kebocoran. Yakni pada saat piston berada di langkah kompresi bukan tidak mungkin ada udara yang tercampur dengan bahan bakar melintas ke kalter yang melewati dinding silinder dan ring piston. Dan akan di keluarkan ketika piston bergerak turun (TMB) di pompa ke kotak filter udara supaya tidak mencemari lingkungan sekitar.
  3. Selanjutnya Fungsi yang ke tiga yaitu berfungsi sebagai pendingin mesin dan juga penghangat udara, hal tersebut bermaksud untuk pendinginan pada saat udara dari luar tersedot masuk ke dalam mesin. Yang tersedot tentu saja udara dingin dari luar. Untuk berfungsi sebagai penghangatnya yaitu pada saat udara dipompa keluar dari mesin tentunya udara yang hangat atau panas ini bisa membantu menghangatkan udara yang berada di kotak filter yang nantinya akan terhisap ke dalam ruang pembakaran/bakar.

Inilah Efek Jika Lubang Pernafasan atau ablas Tersumbat/mampet

Jika lubang ablas tersumbat maka efek yang akan terjadi yaitu pada gerak piston akan terhambat dan akan berimbas pada tenaga yang di hasilkan oleh mesin. Dan karena didalam kalter ada terdapat tekanan udara, maka seal – seal/ karet yang berada di mesin bisa mengalami kebocoran.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga bermanfaat.

Pencarian Terpopuler:

  • selang pernafasan mesin motor
  • oli keluar dari selang pernafasan mesin
  • selang hawa mesin
Inilah Fungsi Ablas Atau Lubang Pernafasan Mesin | wahyudin nawali | 4.5