Inilah Tanda Aki Basah Mengalami Kerusakan

Advertisement

Inilah Tanda Aki Basah Mengalami Kerusakan – Kembali lagi bersama redaksi spekengine.com. Kali ini kami akan memberikan informasi sebab sebab terjadinya aki mobil mengalami kerusakan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa aki atau baterai adalah piranti yang sangat penting untuk kelistrikan pada sebuah kendaraan. Tanpa adanya baterai maka system kelistrikan pada kendaraan, maka kendaraan akan mengalami susah hidup.

Jika anda belum mengetahui tanda – canda atau ciri ciri aki mengalami kerusakan. Nah kali ini kami akam bebrikan informasi mengenai ciri – cirinya. Dibawah ini adalah penjelasannya.

  • Mesin Tidak Mpu untuk Starter

Hal itu di mulai pada saat mobil anda tidak dalam keadaan hidup beberapa jam, contohnya semalaman mesin mobil anda di matikan, nah pada pagi hari mobil anda tidak kuat untuk di starter, dengan bantuan sedikit dorongan mobil akan bisa hidup, dengan bantuan tersebut mesin akan hidup beberapa menit saja starter mesin akan normal kembali, namun jika setelah melewati malam berikutnya akan kembali ke semula, yakni mesin tidak bisa di starter lagi. Hal tersebut biasanya air aki berada di antara level lower dan upper untuk ke 6 sel aki.

Tanda Aki Basah Mengalami Kerusakan

  • Umur Aki/baterai

Umur pada baterai ialah pertimbangan yang sangat penting untuk bisa menentukan bahwa aki tersebut rusak atau mengalami kendala soak. Umur pada aki relative karena banyak factor – factor yang bisa menjadi penyebabnya.

  • Aki berbau menyengat pada saat mesin di hidupkan

Saat dilakukan pengukuran ketika cranking atau dengan menggunakan load tester, voltage baterai berada di bawah 10v. WWalaupun baterai baru saja di carger sampai muatan listrik penuh.

  • Aki short/konslet

Hal tersebut bisa anda lihat dengan mudah di lihat dari voltage aki kurang dari 11v ketika aki tidak dibebani. Anda juga bisa melihan beberapa gejala lainnya pada saat aki mengalami kerusakan yakni pada suara klakson yang kurang keras, lampu besar terlihak kurang terang atau redup, namun kedua hal tersebut tidak menjadi patokan bahwa aki mengalami kerusakan.

Salah satu contohnya yaitu pada mobil sedan dengan aki 32 Ampere hour 32Ah lampu kota lupa di matikan saat mobil parkir selama 2 sampai 3 jam , nah secara otomatis baterai atau aki akan kehabisan arus listrik dan mobil tidak akan bisa di starter.

Nah, demikianlah informasi yang bisa kami sajikan untuk anda. Mungkin beberapa penyebab di atas bisa anda jadikan indicator aki mobil yang mengalami kerusakan dan harus dilakukan pengecekan dan penggantian aki.

 

Pencarian Terpopuler:

  • aki bau menyengat
  • aki konslet
  • ciri ciri aki mobil rusak
Inilah Tanda Aki Basah Mengalami Kerusakan | wahyudin nawali | 4.5