Mau Upgrade Sepeda Motor Injeksi ? Pasang Piggyback Agar Lebih Mantap

Mau Upgrade Motor Injeksi ? Pasang Piggyback Agar Lebih Mantap – Saat ini sudah banyak sepeda motor yang bergeser ke sistem fuel injection. Hampir semua kendaraan bermotor masakini sudah menggunakan teknologi tyrsebut agar lebih ramah lingkungan dan tentunya mendapatkan hasil pembakaran yang sempurna. Seperti yang telah anda ketahui bahwa cara kerja sistem injeksi pada sepeda motor ialah menggunakan sensor – sensor untuk mengetahui kondisi pada mesin. Data dari sentor tersebut nantinya akan di kirim ke electronic control Unit (ECU) yang selanjutnya untuk di proses. Kemudian ECU akan memberikan perintah kepada actuator ( Injector, ISCV dan lain – lain ) sesuai dengan kondisi mesin.

Advertisement

Nah, bagi anda yang ingin mengupgrade motor injeksi anda dengan menaikkan kapasitas silinder boleh saja di lakukan. Akan tetapi jika anda tidak mengubah sistem injeksi nya ya.. maka percuma saja. Kenapa bisa seperti itu ? kami berikan salah satu contoh, anda akan menaikkan kapasitas silinder yang awalnya 125cc dan kemudian anda upgrade menjadi kapasitas silinder 200cc, maka tanpa merubah data base yang anda di ECU ya akan percuma saja. Karena jumlah bahan bakar yang telah di semprotkan ke silinder telah di atur sepenuhnya oleh electronic control unit (ECU), sehingga jika anda tidak merubah database pada ECU maka bahan bakar yang telah di semprotkan tetap sama.

Pasang Piggyback

Hal tersebut tentu saja akan menjadikan perubahan performa yang terjadi tidak terlalu signifikan. Jika pada sestem karburator untuk merubah suplay bahan bakarnya anda cukup melakukan atau menyetting karburator dengan mengganti spuyer yang berukuran lebih besar atau anda juga bisa mengganti karburatornya itu sendiri. Lantas bagaimanakah untuk mengatur suplay bahan bakar yang masuk ke silinder pada mesin yang sudah berteknologi Injeksi ?

Solusi bagi anda yang ingin mengatur suplay bahan bakarnya yakni dengan menggunakan perangkat tambhan yakni bernama Piggyback. Alat ini berfungsi untuk memanipulasi data yang dikirimkan sensor – senor ke ECU. Seperti yang telah kami katakan tadi bahwa ECU yang mengatur jumlah bbm berdasarkan kondisi dari mesin dengan mengkalkulasikan data – data dari sensor.

Maka dengan mengecoh atau memanipulasi data sensor jumlah bahan bakar yang di semprotkan ke dalam silinder juga akan berubah. Selain itu juga alat Piggyback tersebut juga mampu mengatur pengapian. Bagi anda yang motor injeksinya ingin di pasang Piggyback, cara pemasangannya cukup mudah. Setiap dari produk Piggyback biasanya sudah di bekali dengan kabel body yang setiap sensornya mempunyai dua soket. Salah satu contohnya yaitu pada saat memasang throttle position sensor dan TPS maka soket pada sepeda motor di lepas dan setelah itu pasanglah soket dari Piggyback.

Setelah itu pasang soket yang satunya ke kabel yang akan menuju ke ECU. Untuk soal harganya, memang terbilang cukup mahal yakni sekitar 3 Jutaan hingga anda yang harganya mencapai 5 Jutaan. Nah, dengan andanya Piggyback kini anda tidak usah pusing – pusing lagi mensetting suplay bahan bakar pada motor injeksi.

Tagged As:

    cara pasang piggyback cb150r,cara up mesin injeksi,upgrade motor injeksi,cara pasang piggyback motor,cara up grade ecu byson fi,upgrade motor,cara upgrade motor injeksi,cara memasang piggyback,upgrade pengapian motor injection,cara seting pegiback pada vario 125
Mau Upgrade Sepeda Motor Injeksi ? Pasang Piggyback Agar Lebih Mantap | wahyudin nawali | 4.5