Mengetahui Perbedaan Pengapian CDI AC dan CDI DC

Advertisement

Mengetahui Perbedaan Pengapian CDI AC dan CDI DC – CDI pada kendaraan bermotor merupakan salah satu komponen yang terpenting dalam mengidupkan suatu mesin. CDI sendiri berfungsi untuk mengatur waktu atau timing untuk memercikkan bunga api pada busi yang sudah di besarkan oleh tegangan dari coil untuk memicu pembakaran di ruang silinder atau ruang bahan bakar mesin.

Nah untuk sistem pengapian nya sendiri yakni terdapat komponen sepul pengapian, pulser, CDI, coil pengapian dan juga busi. Untuk sepul pengapian yakni berfungsi sebagai sumber arus dan untuk pulser berfungsi untuk memberi sinyal ke unit CDI serta mengatur waktu jerjadinya pengapian. CDI sendiri mempunyai dua jenis yakni CDI AC dan juga DC. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas perbedaan antara CDI AC dan DC. Berikut ini adah informasi lengkapnya.

Perbedaan Pengapian CDI AC dan juga CDI DC

Perbedaan CDI AC dan DC :

  • CDI AC

CDI AC merupakan tegangan yang di hasilkan oleh CDI AC yang di dapatkan dari sepul selanjutnya di berikan ke komponen kiprok. Kelebihan pada pengapian CDI AC ini yaitu jauh lebih ringkas. Karena sepul pengapian dan juga sepul listrik terpisah. Selain itu tidak berhubungan dengan baterai dan untuk soal harganya DCI AC lebih murah dari pada CDI DC. Kelemahan pada CDI AC ini ialah tegangan akan stabil apabila RPM mencapai 2000rpm, dan kelemahan lainnya pada pengapian CDI AC yakni kawat sepul mudah putus atau terbakar.

  • CDI DC

Sumber tegangan yang di hasilkan oleh CDI DC akan di pararelkan dengan baterai dan bisa juga di katakan bersumber dari baterai atau aki. Kelebihan pengapian CDI DC yaitu tegangan yang di hasilkan bersumber dari baterai akan lebih stabil walaupun putaran mesin berada di bawah ataupun di atas. Kelemahan pada CDI DC yaitu komponennya lebih rumit dari pada CDI AC, Jika aki dan kiprok mengalami kerusakan akan berpengaruh bagi CDI dan CDI DC pun akan mengalami kerusakan, selain itu CDI DC juga sensitif terhadap konsleting.

Baca Juga : Gejala Kerusakan Rem Cakram Pada Mobil

Itulah informasi mengenai perbedaan CDI AC dan juga CDI DC. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan anda dalam dunia otomotif. Ikuti terus berita lainnya di spekengine.com.

Pencarian Terpopuler:

  • jenis motor pengapian dc
  • pengapian dc
  • Cdi dc
Mengetahui Perbedaan Pengapian CDI AC dan CDI DC | wahyudin nawali | 4.5