Tips dan Cara Mengganti Air Radiator di Motor Vario 125cc

Tips dan Cara Mengganti Air Radiator di Motor Vario 125cc – Sepeda motor Honda Vario 125 ialah motor metic yang menggunakan sistem pendingin cairan. Tentu saja dengan menggunakan sistem pendinginan tersebut mesin akan lebih efektif saat berada dalam kemacetan di bandingkan sistem pendingin udara. Cairan pendingin yang di sebut juga dengan coolant akan bersirkulasi di dalam mesin untuk menyerap panas dan kemudian melepaskan ke udara di radiator dengan bantuan kipas. Berbeda dengan sistem pendingin udara yang tidak perlu menggunakan perawatan berkala. Pada sistem pendingin cairan ini akan memerlukan perawatan secara berkala terutama pada air radiatornya.

Advertisement

Untuk melakukan penggantian air radiator pada sepeda motor Honda vario 125 di sarankan untuk menggantinya setiap 24000 km. Biasanya untuk pemakaian yang cukup lama bisa mengurang kualitas dan kapasitas air pendingin pada radiator. Jika hal tersebut terjadi maka tentu saja akan berdampak pada kurangnya optimalisasi dalam sistem pendinginan dan nantinya bisa mengakibatkan mesin mengalami overhead atau panas berlebihan. Anda jgan khawatir, cukup mudah untuk menguras air radiator pada motor honda vario 125 untuk mengganti air radiator yang baru, Nah bila anda belum pernah mengganti air radiator pada honda vario 125, simak langkah – langkah yang kami berikan untuk anda di bawah ini.

Cara Mengganti Air Radiator Pada Motor Honda Vario 125 :

Cara Mengganti Air Radiator di Motor Vario

mengganti air radiator di vario 125cc

Langkah pertama anda harus siapkan terlebih dahulu air coolant 500 mililiter

Cairan tersebut bisa anda membelinya di bengkel – bengkel atau bisa juga membelinya di bengkel resmi honda dengan harga biasanya sekitar Rp 20 ribuan saja untuk setiap botolnya. Kami sarankan untuk memilih yang asli dari honda, pasalnya sudah di lengkapi dengan cairan anti karat.

Langkah ke dua yaitu buka cover radiator

Untuk membuka cover radiator anda harus memerlukan kunci T ukuran 8 untuk melepas baut yang mengikat cover dengan radiator. Siapkan terlebih dahulu wadah untuk menampung air radiator yang akan di kuras, setelah itu lepaskan baut pembuangan dengan menggunakan kunci bintang 5. Jangan lupa juga anda harus membuka tutup radiator agar air radiator mengalir dengan lancar. Jika sudah terkuras tutup kembali jalur pembuangannya.

Langkah ke tiga yaitu Isi air radiator yang baru

Nah, seperti yang telah di jelaskan tadi, jika air radiator sudah terkuras habis, pasang kembali baut pembuangan dan tuangkan air coolant sampai penuh, setelah itu pasang kembali tutup radiatornya.

Langkah ke empat yaitu Isi tank reservoir sebagai cadangan air coolant

Pada langkah ini yang harus anda perhatikan yaitu ialah batas ketinggian dalam tabung cadangan. Usahakan tidak melebihi kapasitas yang sudah di tentukan oleh pabrikan yaitu upper pada tabung reservoir.

Spekengine.com. Bagaimana mudah bukan ? cara untuk mengganti air radiator pada motor honda vario 125. Semoga artikel yang kami buat bermanfaat untuk anda.

Pencarian Terpopuler:

  • harga air radiator vario techno 125
  • harga air radiator vario 125
  • cara kuras air radiator vario 125
Tips dan Cara Mengganti Air Radiator di Motor Vario 125cc | wahyudin nawali | 4.5
error: Content is protected !!