Tips dan Trik Memperbaiki Radiator Bocor Pada Mobil

Advertisement

Tips dan Trik Memperbaiki Radiator Bocor Pada Mobil – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips dan trik cara untuk memperbaiki radiator yang sudah mengalami kebocoran. Radiator yang sudah mengalami kebocoran yakni di akibatkan sudah lamanya umur radiator tersebut, atau tertabrak benda keras. Jenis atau tipe radiator yang sering anda lihat pada kendaraan mobil jaman sekarang mempunyai dua jenis yakni tipe aluminium dengan plastic pada upper tank dan lower tank nya. Untuk jenis yang keduanya yaitu menggunakan bahan logam secara menyeluruh baik upper tank maupun lower tanknya.

Lantas bagaimanakah cara untuk memperbaiki radiator yang sudah mengalami kebocoran ? Berikut ini kami berikan tips dan triknya. Sebelumnya kami akan memberi tahukan bagian – bagian pada radiator terlebih dahulu yang sudah di kelompokkan menjadi 3 bagian utama yakni :

Memperbaiki Radiator Bocor

1. Upper Tank

Upper tank pada radiator adalah tangki bagian atas yang berada pada radiator. Pada upper tank tersebut mempunyai lubang untuk selang radiator yang berfungsi untuk mengalirkan air bersuhu panas dari mesin. Pada upper tank juga terdapat tutup radiator. Penempatan untuk tutup radiator, selain berada di upper tank radiator, tutup radiator juga biasanya di letakan di tabung reservoir seperti halnya mobil fortuner atau mobil eropa.

2. Saluran Pembuang Panas

Saluran ini merupakan saluran kecil yang berfungsi untuk melepas panas air radiator. Dengan adanya hembusan angin dari kipar radiator.

3. Lower Tank

Lower tank yang berada di radiator ini terletak di bagian bawah, dan pada lower tank ini juga telah terdapat lubang untuk saluran air menuju ke mesin setelah air di dinginkan oleh radiator. Pada lower tank ini juga telah terdapat lubang saluran pembuang air radiator.

  • Cara Memperbaiki Radiator Yang Bocor

Nah, itulah komponen – komponen utama pada radiator. Selanjutnya kita menuju ke cara memperbaiki radiator yang mengalami kebocoran. Untuk memperbaiki radiator yang bocor tergantung pada tipe radiator yang berada di mobil kita apakah menggunakan aluminium atau menggunakan bahan logam.

Cara untuk memperbaiki radiator plastik pada upper tank dan lower tank juga tergantung pada tingkat kebocorannya, jika pada upper tank mengalami kebocoran yang kecil atau Cuma retak sedikit pada sambungan upper tank dengan radiator, yakni menutup kebocorannya dengan menggunakan lem Araldite.

Selain itu juga banyak orang yang mengganti upper tank dengan modifikasi upper tank dengan menggunakan bahan logam. Jika anda ingin seperti itu tinggal bawa saja ke tempat service radiator.

Jika anda ingin mengganti radiator yang sudah mengalami kebocoran, anda harus mempertimbangkannya lagi, jika memang kondisi sirip pendingin pada radiator sudah banyak yang rusak atau terdapat lubang yang bocor, misalnya setelah insiden atau tabrakan.

Demikianlah informasi dari kami mengenai cara memperbaiki radiator yang sudah mengalami kebocoran. Semoga bermanfaat untuk anda. Ikuti juga berita selanjutnya di spekengine.com.

Pencarian Terpopuler:

  • radiator bocor
  • cara menambal radiator bocor
  • lem untuk radiator bocor
Tips dan Trik Memperbaiki Radiator Bocor Pada Mobil | wahyudin nawali | 4.5