Tips dan Trik Menjaga Suhu Ruangan Mobil Agar Tetap Sejuk

Tips dan Trik Menjaga Suhu Ruangan Mobil Agar Tetap Sejuk – Musim panas akan segera datang. Datangnya musim panas ini akan membuat sebagian orang enggan melakukan aktivitas diluar rumah karena suhu panas dari matahari. Walau demikian berdiam diri dirumah juga masih tetap panas, suhu ruangan atau kabin dalam mobil juga tidak luput dari panas walau telah menggunakan AC sehingga kita tidak betah berdiam diri didalam mobil dalam waktu yang lama. Ditambah lagi jika jalanan sedang macet dan efek rumah kaca yang semakin membuat suhu panas menjadi berlipat-lipat kali dari sebelumnya.

Advertisement

Jika suhu pada kabin mobil semakin panas, tentu temperatur AC akan bertambah dari biasanya. Hal ini memacu mesin bekerja ekstra, sehingga ada beberapa komponen mesin yang mengalami kerusakan. Namun, ada cara sederhana untuk mengatasi masalah ini. Ya, karena kali ini kami akan membagikan tips dan trik membuat kabin mobil tetap sejuk dimusim panas. Walaupun terbilang sederhana dan ampuh, namun anda tidak perlu ragu. Berikut ulasan lengkapnya.

Menjaga Suhu Ruangan Mobil Agar Tetap Sejuk

Advertisement
  • Parkir mobil ditempat sejuk dan teduh

Cara ini dapat membuat kabin mobil tetap sejuk walau sedang musim panas, karena mobil anda akan terhindar dari paparan sinar matahir dan sinar ultraviolet yang dapat membuat cat mobil kita menjadi rusak. Parkir mobil ditempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung, misalnya diparkiran gedung atau dibawah pohon besar dan rindang. Maka penggunaan AC sendiri tidak akan berlebihan.

  • Buka kaca mobil sedikit

Trik selanjutnya ia;ah dengan membuka kaca mobil sekitar 5-10 cm. Hal ini bertujuan agar pergantian udara bisa labih lancar kedalam kabin mobil anda. Jadi suhu panas akan keluar melalui kaca mobil yang terbuka.

  • Pakai kaca film

Penggunaan kaca film juga akan mampu membuat suhu dalam kabin tetap sejuk walaupun sedang musim panas. Hal ini karena kaca film memiliki kemampuan untuk meredam panas panas dari matahari dan juga mampu menahan sinar ultraviolet. Gunakan kaca film yang telah teruji kualitasnya dan juga perhatikan tingkat kegelapannya, semakin gelap kaca film tentu akan sangat menggangu penglihatan pengemudi terutama saat berkendara dimalam hari.

  • Nyalakan Ac jika memarkir mobil ditempat panas

Anda dapat menyalakan Ac mobil ketika memarkir kendaraan anda ditempat yang terkena sinar matahari langsung. Tidak hanya itu, buka sedikit kaca mobil agar sirkulasi udara lancar sehingga kabin mobil tetap dingin dan sejuk.

  • Pakailah pelindung kaca

Penggunaan pelindung kaca depan pada mobil terbukti mengurangi suhu panas berlebih pada dashboard depan. Untuk pelindungnya sendiri, gunakan kain berwarna terang supaya dashboard depan serta setir kemudi terlindung dari panas.

  • Gunakan jok kulit berkualitas

Pemilihak kulit pada jok mobil juga turut andil dalam menjaga suhu kabin tetap sejuk. Kulit jok yang berkualitas lebih optimal dalam menyerap panas berlebih ketimbang kulit jok pada umumnya. Tak cuma itu, anda juga akan merasa nyaman ketika duduk dalam mobil walau cuaca sedang panas terik.

  • Periska cairan pendingin

Jika coolant pada sistem AC mobil kurang, maka anda perlu segera melakukan pengisian ulang sampai cairan tersebut penuh kembali. Hal ini berguna jika ingin AC mobil tetap sejuk ketika digunakan.

Itulah tips menjaga ruangan mobil tetap sejuk walau sedang musim panas. Semoga apa yang kami sampaikan dikesempatan kali ini bisa bermanfaat dan mampu memberi wawasan untuk kita semua. Sampai jumpa lagi.

Pencarian Terpopuler:

  • mobil dingin tanpa ac
  • tips biar ac mobil sejuk
  • cara agar dalam kabin dingin tanpa ac
Tips dan Trik Menjaga Suhu Ruangan Mobil Agar Tetap Sejuk | acim sucipto | 4.5