Tips Jitu Merawat Ban Mobil Dengan Baik Agar Awet

Advertisement

Tips Jitu Merawat Ban Mobil Dengan Baik Agar Awet – Ban pada mobil memang merupakan sebuah komponen yang dianggap penting, keaman dan kenyamanan berkendara juga ditentukan oleh kondisi ban. Menurut catatan dari Departemen Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat, kebanyakan kasus kecelakan yang terjadi diakibatkan oleh ban dengan tekanan angin yang tidak sesuai standar keselamatan.

Dengan demikian, bisa kita simpulkan jika ban merupakan bagian dari kendaraan yang memang perlu adanya perhatian serta perawatan yang baik dan benar. Untuk itu, kami disini akan mencoba berbagi sedikit tips dan trik cara merawat ban mobil yang baik dan benar kehadapan anda semua.

Merawat Ban Mobil Dengan Baik Agar Awet

Berikut tips merawat ban mobil yang baik dan benar :

1. Selalu periksa tekanan angin ban mobil anda, terlebih lagi jika anda memiliki rencana untuk bepergian jauh. Tekanan yang tidak sesuai standar berpotensi merusak ban dengan mudah. Tak cuma itu saja, tekanan ban yang kurang menyebabkan bahan bakar juga akan cepat habis karena mesin akan bekerja ekstra.

2. Pilih ban yang telah mengantongi sertifikasi dan sesuai dengan standar kendaraan anda. Sesuaikan juga ukuran ataupun indeks dari ban kendaraan tersebut.

3. Lakukan pemeriksaan dan perawat balancing secara rutin. Hal ini dilakukan semata-mata untuk mengurangi atau mencegah keausan ban yang cepat dan tidak merata.

4. Lakukan tukar atau rotasi ban setiap 8000 km sekali. Cara ini dilakukan untuk mencegah aus pada ban secara tidak merata. Bukan itu saja, cara ini juga berguna untuk memperpanjang waktu pergantian ban mobil anda.

5. Jika ban mobil anda sudah mencapai batas Thread Wear Indicator atau indikasi penggunaan ban, maka segera lakukan pergantian ban guna mencegah resiko kecelakan yang tidak diinginkan karena ban yang sudah tak layak pakai.

6. Ketika berkendara selalu hindari lobang besar, karena jika menghantam lpbang besar tidak cuma akan merusak ban namun juga menganggu keseimbangan ban modil anda.

7. Gunakan tutup pentil pada semua ban, ban tanpa tutup pentil berpotensi kehilangan tekanan angin pada ban karena terjadi kebocoran didalam ban itu sendiri.

8. Gaya mengemudi juga mempengaruhi kondisi ban mobil anda. Cara atau perilaku mengemudi yang sembarangan dan tidak baik akan cepat merusak ban kendaraan anda.

9. Velg ban juga harus dalam kondisi baik dan layak pakai. Dimana penggunaan velg ban yang kurang normal atau cacat memungkinkan ban cepat rusak.

10. Perhatikan kapasitas muatan kendaraan anda, muatan yang berlebihan akan memaksa tekanan angin pada ban serta akan membuat ban bergesekan secara berlebihan dengan aspal, sehingga membuat ban panas dan cepat aus.

Nah, mungkin itu saja tips dan trik yang bisa kami bagikan mengenai cara merawat ban mobil anda. Semoga informasi kali ini bisa memberi manfaat lebih untuk kita semua. Sampai jumpa lagi.

Tips Jitu Merawat Ban Mobil Dengan Baik Agar Awet | acim sucipto | 4.5