Trik Memasang dan Mengganti Seal Shockbreaker Sepan Supra X 125

Trik Memasang dan Mengganti Seal Shockbreaker Sepan Supra X 125 – Tentu kita sudah mengetahui jika semua komponen yang menempel pada kendaraan baik itu mobil atau motor memiliki jangka penggunaan dan jika tidak dilakukan penggantian segera maka akan berpengaruh pada kinerja kendaran itu sendiri. Berbicara soal komponen pada kendaraan, ada salah satu komponen yang mempunyai usia pakai yakni shockbreaker.

Ya, jika shockbreaker sudah melewati masa pakai maka akan terasa keras ketika motor digunakan. Selain itu, shockbreaker bagian depan seringkali mengalami masalah yakni keluarnya oli didalam as shcok, setelah diperiksa ternyata ada bagian yang mengalami keborocan yakni seal shockbreakernya sendiri sehingga oli berkurang dan shockbreaker menjadi kurang nyaman dipakai. Maka dari itu kita harus melakukan pergantian pada seal shockbreaker itu sendiri.

mengganti-seal-shockbreaker-sepan-supra-x-125

Dalam penggantian seal shock breaker cukup mudah namun jika tidak memungkinkan untuk melakukan penggantian sendiri, anda bisa melakukan pengantian di bengkel terdekat. Namun bagi anda yang ingin menggati seal shockbreaker sendiri dirumah dan ingin tahu caranya, kami akan membagikan tips cara mengganti seal shockbreaker kehadapan anda semua, terutama bagi anda pemilik Honda Supra X 125. Berikut ulasan lengkapnya

Advertisement

Cara mengganti seal shockbreaker depan milik Supra X 125 :

  1. Buka bagian as roda dan lepaskan ban depannya, ganjal sisi depan memakai pengganjal agar tidak jatuh.
  2. Lepaskan kaliper rem dan spakbor dari tempatnya, ditahap ini akan terlihat baut pengunci shock segitiga bawah dan silahkan buka baut tersebut dengan kunci pas ukuran 14 mm.
  3. Selanjutnya, copot shock di segitiga dan buka baut L yang terdapat dibawah shok depan motor anda.
  4. Lalu buka juga baut atas dengan kunci L, jika motor anda memakai klip, silahkan tekan penahan per dan tinggal congkel saja klip tersebut dengan obeng negatif/min.
  5. Kemudian pisahkan as shock dari tabung, lepaskan seal penahan debu yang ada ditabung shock dengan di congkel.
  6. Sampai disini akan nampak seal dan klip penahannya, copot klip dengan cara yang sama yakni dicongkel. Ketika akan melepas seal, lakukan perlahan dan digoyang-goyang agar mudah keluar dan tidak merusak tabung shock breaker depannya.
  7. Selesai melepas seal lama, pasangkan seal baru dengan diketok-ketok perlahan supaya masuknya tidak miring. Agar lebih mudah, silahkan gunakan seal lama sebagai alas untuk mendorong seal baru agar masuk kedalam tabung. Setealah itu, pasangkan seal penahan dan klip ke tempatnya.
  8. Setelah pemasangan seal baru selesai, silahkan pasang lagi komponen shockbreaker yang sudah anda copot tadi. Dan anda bisa menuangkan oli sebanyak 60 cc saja, sebelum akan memasang baut penutup, ada baiknya kocok dulu agar oli yang masuk tidak tercampur udara.
  9. Terakhir, pasangkan kembali part-part yang telah anda copot seperti semula.

Demikianlah ulasan yang bisa kami sampaikan tentang cara memasang dan mengganti seal shockbreaker depan Honda Supra X 125 ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Incoming search terms:

  • penyetel kamprat pada satria bisa gak di smash
  • cara mencopot shock depan supra x injeksi
  • cara membuka shok depan supra 125
  • cara memasang per sela supra x 125
  • cara melepas seal shockbreaker honda supra
  • cara ganti sendiri knalpot supra x 125
  • cara ganti seal shockbreaker supra x 125
  • cara buka sock supra
  • cara buka seal shock depan agar tidak merusak tabung shock
  • supra x 125 as shock
Trik Memasang dan Mengganti Seal Shockbreaker Sepan Supra X 125 | acim sucipto | 4.5